Komisi I Evaluasi Pelaksanaan P3D ke Kecamatan Kedamean

Jum’at (2/02/2018)  Gresik – Komisi I DPRD Kab. Gresik melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Kedamean guna menindaklanjuti beberapa pengaduan dari masyarakat dan LSM yang menyatakan bahwa proses Penjaringan, Penyaringan Perangkat Desa (P3D) di Kecamatan Kedamean tidak berjalan sesuai dengan aturan yang ada, karena disinyalir ada rekayasa. Dalam kesempatan tersebut, Komisi I DPRD Kab. Gresik meminta keterangan dari panitia P3D, calon perangkat desa dan LSM tentang pelaksanaan tes tulis bagi calon perangkat desa di Kecamatan Kedamean.

Dari hasil keterangan kedua belah pihak diketahui bahwa panitia P3D dan pihak yang melakukan pengaduan belum memiliki persamaan presepsi dalam menafsirkan Peraturan Bupati No. 18 Tahun 2017 tentang SOTK Pemerintah Desa dan Peraturan Bupati No. 19 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penjaringan, Penyaringan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Oleh karena itu, Komisi I DPRD Kab. Gresik menyarankan agar Dinas PMD melakukan sosialisasi ulang untuk menyamakan persepsi. Selain itu, Komisi I DPRD Kab. Gresik memberi keleluasaan bagi masyarakat yang merasa kurang puas dengan hasil dari Proses Penjaringan, Penyaringan Perangkat Desa (P3D) tersebut untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). dan bahwasannya Kecamatan Kedamean sudah melakukan sesuai prosedur.

Tinggalkan Balasan