PARIPURNA PENYAMPAIAN LAPORAN PANSUS TINDAK LANJUT LHP BPK

Bertempat di ruang sidang DPRD Gresik  Kamis 14 Juli 2011 berlangsung Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pansus LHP BPK  RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik Tahun 2010, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, H. Zulfan Hasyim, SH. MH. Hadir dalam kesempatan itu seluruh anggota Dewan, Bupati dan seluruh  Kepala Dinas, Badan Kantor, Bagian dan Camat.
 
Berdasarkan Permendagri No: 13 tahun 2010 DPRD diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap Pemerintah Daerah atas pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK, sehingga dibentuk panitia khusus LHP BPK, Dprd Kabupaten Gresik, berjumlah 13 Anggota yang dikomandani Uman, SH. Panitia khusus LHP BPK DPRD Kabupaten Gresik melakukan pengkajian-pengkajian dengan melakukan rapat kerja dengan tim tindak lanjut LHP BPK, melakukan konsultasi ke Kemendagri, Kementerian Keuangan dan konsultasi ke BPK  Perwakilan Jawa Timur, setelah melakukan serangkaian pembahasan, Panitia khusus LHP BPK DPRD Kabupaten Gresik menyimpulkan, pengawasan yang dilakukan oleh Pansus LHP BPK tidak hanya pada saat pembahasan terhadap LHP BPK tetapi pengawasan sampai pada tindak lanjut LHP BPK yang dilaksanakan Bupati dalam kurun waktu 60 hari.
 
Laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Gresik telah memenuhi kriteria kualitas keuangan Daerah, hal ini terbukti dengan mendapat predikat atau opini Wajar Dengan Pengecualian, namun demikian pengawasan perlu ditingkatkan sehingga di masa mendatang Pemerintah Kabupaten Gresik mendapat predikat atau opini Wajar Tanpa Pengecualian.
 
Di sisi lain Pansus memberikan rekomendasi, hasil pemantauan dan temuan dari BPK terhadap tunggakan-tunggakan yang mengakibatkan kerugian Daerah hendaknya Pemerintah Kabupaten Gresik segera melakukan proses penetapan kerugian Daerah dan upaya penagihan, Pemerintah Kabupaten Gresik segera melakukan rencana aksi atau tundak lanjut terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan BPK dalam kurun waktu 60 hari, Pemerintah Daerah segera melaporkan hasil pelaksanaan tindaklanjut Hasil Pemeriksaan BPK kepada DPRD untuk dilakukan pengawasan-pengawasan.
 
Dalam sambutannya Bupati Gresik, Dr. H. Sambari Halim Radianto, ST. MSI. menyatakan apa yang telah disampaikan Pansus dalam penyampaian laporan tindak lanjut LHP BPK, Insya’Allah akan segera dilaksanakan sesuai dengan kesimpulan dan rekomendasi, dan memerintahkan kepada SKPD yang masih terdapat kekurangan untuk segera menindaklanjuti sesuai apa yang diamanatkan dalam laporan pansus.
Administrator Pemerintahan Senin, 2011-07-18, 15:58:17 WIB 0

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>