DPRD Gresik Kembali Menggelar Sinkronisasi Pokok-Pokok Pikiran (Pokir)

Fraksi

16, Jun 2020

0

DPRD Gresik kembali menggelar Sinkronisasi Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) dalam Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021, Selasa (4/2) di Hotel Harris, Malang.
Sejumlah akademisi yang berkompeten diundang untuk mengisi kegiatan ini. Diantaranya, Pakar Lingkungan Unair, Prof. Suparto Wijoyo dan Wildan Safitri dari Unibraw. Turut hadir dalam acara, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto.
Prof. Suprapto Wijoyo menyinggung isu lingkungan sebagai dampak dari suburnya pertumbuhan industri di kawasan Gresik dan harus mendapat perhaitan dari pemerintah daerah.
Sedangkan Wildan Safitri dalam presentasinya mengusulkan beberapa pendekatan yang bisa dilakukan dalam sinkronisasi pokir. Diantaranya pendekatan teknokratik yang mengedepankan metode dan kerangka berpikir ilmiah untuk mencapai tujuan pembangunan daerah. Selanjutnya pendekatan partisipatif dengan melibatkan berbagai stake holder. Kemudian pendekatan politis dengan menerjemahkan misi dan visi kepala daerah terpilih. Selain itu, juga perlu pendekatan atas – bawah dan bawah – atas yang merupakan hasil perencanaan pembangunan mulai dari desa hingga tingkat nasional.
Ketua DPRD Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, SE menyatakan, DPRD sengaja mengundang akademisi untuk memberikan masukan kepada anggota dewan dalam menyusun dan menjalankan program pokir. Pokir merupakan program bantuan hasil serap aspirasi DPRD melalui Bantuan Keuangan Umum (BKU) dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK).
DPRD berharap dengan sinkronisasi ini, pokir bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kab. Gresik.

 

tag: Berita Umum

avatar

Administrator Author

0 KOMENTAR

  • Belum ada komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Email anda tidak akan dipublikasikan.