Jumpa Pers DPRD Kabupaten Gresik terkait peningkatan infrastruktur administrasi kependudukan

Komisi I

11, Nov 2020

0

 

DPRD Kab. Gresik kembali menggelar jumpa pers, Kamis (05/11). Acara ini dihadiri oleh H. Syaikhu Busiri, S.Kom, SH selaku Wakil Ketua Komisi I dan Anggota Komisi I, H. Sholihuddin, SHI, MH, serta pers dari berbagai media.
.
Dalam acara ini, pers banyak menyoroti masalah administrasi kependudukan (adminduk) yang dinilai masih terlalu ribet dan rumit, sehingga prosesnya lama. Hal ini tentunya disebabkan pengurusan adminduk hanya bisa diselesaikan di Dispendukcapil, sehingga masyarakat merasa kesulitan, terutama yang ada di desa.
.
Syaikhu menjelaskan pihaknya terus mendorong agar Dispendukcapil bisa menerapkan teknologi informasi, seperti e-doc, sehingga pengurusan adminduk bisa diselesaikan di tingkat kecamatan, bahkan sampai tingkat desa.
.
Ia juga menyarankan agar petugas Dispendukcapil bisa diterjunkan di seluruh desa sebagai petugas register. Tentunya ada anggaran khusus untuk gaji dan honor petugas tersebut. “Legislatif siap menyetujui anggaran tersebut”, imbuhnya.
.
Sementara itu, Sholihuddin lebih mengedepankan peningkatan infrastruktur kepengurusan adminduk, termasuk pengembangan SDM sehingga lebih melek teknologi dan juga pemanfaatan teknologi informasi serta perangkat penunjang lain agar bisa diterapkan di tiap-tiap kecamatan. “Harus ada sinergi antara Dispendukcapil dan Diskominfo untuk mewujudkan hal tersebut”, jelasnya.
.
Diharapkan pada akhirnya seluruh proses pengurusan adminduk bisa dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Gresik.

tag: Berita Umum

avatar

Super Admin DPRD Author

0 KOMENTAR

  • Belum ada komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Email anda tidak akan dipublikasikan.