Keluhan Nasabah Mekaar terkait Banpres UKM

Berita Umum

29, Dec 2020

1

Sekitar 10 orang nasabah PT. PNM Mekaar (Mekaar) Gresik yang tergabung dalam Forum Komunikasi Nasabah Mekaar melakukan audiensi di Kantor DPRD Gresik, Senin (28/12). H. Much. Abdul Qodir, S.Pd, selaku Ketua DPRD Gresik hadir untuk memimpin agenda tersebut. Pihak-pihak terkait yang diundang dalam acara ini, antara lain Mekaar Gresik, Diskoperindag UKM, Dinsos serta BNI sebagai bank mitra dari Mekaar.
.
Mereka menyampaikan keluhan terkait pembagian Banpres UKM senilai 2,4 juta/nasabah yang dinilai tidak merata. Banyak nasabah yang dinilai masuk kriteria dan layak mendapat Banpres, belum mengetahui terdaftar atau tidaknya sebagai penerima Banpres. Hal ini menjadi bukti bahwa Mekaar tidak transparan dalam memberikan informasi terkait bantuan tersebut. Nasabah juga meminta ada fasilitasi terkait oknum petugas Mekaar yang melakukan intimidasi terhadap nasabah dalam menagih angsuran kredit.
.
Mencoba menjawab keluhan dari nasabah, Mekaar menjelaskan bahwa semua permasalahan di lapangan sudah ditampung. Kemungkinan permasalahan yang terjadi adalah adanya duplikasi data dan human error. Pihak Mekaar menyampaikan bahwa transparansi informasi telah diupayakan melalui pendekatan sosialisasi. Terkait adanya dugaan oknum nakal, pihaknya siap menyediakan call center untuk pengaduan.
.
Sementara itu pihak Diskoperindag menjelaskan sampai saat ini sudah ada refocussing anggaran untuk UKM dan berharap semoga di tahun depan bisa semakin baik. Jika ada masalah, dimohon diselesaikan bersama. Sementara itu bagi nasabah yang belum mendapatkan bantuan, harap bersabar menunggu, jangan melakukan registrasi ulang, karena untuk menghindari duplikasi data.
.
Abdul Qodir selaku pimpinan audiensi mencoba memberi penekanan bahwa bantuan dari pemerintah dalam bentuk apapun tidak boleh disangkutpautkan dengan kegiatan lain. Pihak Mekaar diminta segera membuat call center untuk pengaduan. Pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin membantu sesuai dengan tupoksi. Dan jika ada masalah, hendaknya mengedepankan komunikasi yang baik untuk menyelesaikannya. “Intinya adalah komunikasi", tutupnya.

tag: Berita Umum

avatar

Super Admin DPRD Author

1 KOMENTAR

  • images

    Tukiyem Cantss

    mantap kak


    04 January 2021 20:21

TINGGALKAN KOMENTAR

Email anda tidak akan dipublikasikan.