Penyampaian Laporan Badan Anggaran terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2021

Rapat Paripurna

02, Dec 2020

0

Setelah melalui pembahasan melalui Badan Anggaran dan Tim Anggaran juga melalui Komisi-komisi bersama mitra kerjanya, pada Senin, 30 November 2020 telah disahkan Perda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2021 dalam Rapat Paripurna secara daring.
.
Dalam struktur APBD 2021, Pendapatan sebesar Rp. 3,2 Trilyun, dengan perincian Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 1,132 Trilyun, pendapatan transfer Rp. 2.238 Trilyun dan pendapatan daerah lain-lain yang sah Rp. 70,6 Milyar.
.
Sedangkan Belanja Daerah dialokasikan sebesar Rp. 3.433 Trilyun, sehingga masih ada defisit sebesar Rp. 161,9 milyar yang akan ditutup dari Sisa lebih Pembiayaan (Silpa).
Beberapa rekomendasi dari hasil pembahasan komisi-komisi yaitu Pemkab Gresik diminta melakukan rasionalisasi pada belanja barang dan jasa untuk dialihkan ke belanja modal infrakstruktur.
.
Selain itu pemkab diharapkan mengalokasikan anggaran untuk kesehatan yang mengcover keluarga miskin, juga pengadaan mobil ambulan untuk rumah sakit di Bawean.
.
Ketua DPRD H.M. Abdul Qodir,S.Pd. berharap jajaran OPD (Organisai Perangkat Daerah) terus melakukan terobosan dan inovasi terutama di sektor pendapatan.
.
Demikian pula pernyataan dari Wakil ketua DPRD H. Ahmad Nurhamim, SPI, M.Si yang menyampaikan agar pemerintah segera dan terus menerus melaksanakan kajian potensi sumber pendapatan baik sektor pajak maupun retribusi agar hasilnya sesuai dengan target dan harapannya bisa menjadi outfarm untuk menyelesaikan persoalan daerah. Utamanya mampu berdampak pada penurunan angka kemiskinan dan mendorong terciptanya pelayanan dasar publik dengan baik. “Serta menjadi stimulasi penyelesaian persoalan ketenagakerjaan,” imbuhnya.
.
Dalam sambutannya Bupati Gresik Dr.Ir. H. Sambari Halim Radianto, M.Si mengucapkan terima kasih atas masukan-masukan dari pihak legislatif. “ Alhamdulillah berbagai usulan OPD yang telah disusun rapi oleh Bappeda mendapat masukan dan koreksi yang baik oleh pihak dewan”, ujarnya. Dan berharap kedepan serapan anggaran dan berbagai rencana kegiatan Tahun 2021 bisa dilaksanakan secara efektif serta efisien dengan komitmen dan kerjasama semua pihak untuk Gresik yang lebih baik.

tag: Berita Umum

avatar

Super Admin DPRD Author

0 KOMENTAR

  • Belum ada komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Email anda tidak akan dipublikasikan.