Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan secara virtual.

Rapat Paripurna

19, Nov 2020

0

Pembacaan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2021 yang disampaikan oleh Bupati Gresik pada Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2021 (Rabu, 18/11/2020) secara virtual.
.
Nota Keuangan merupakan penjelasan atas rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah dan merupakan rangkaian pembahasan siklus anggaran dalam penyelenggaraan pemerintahan.
.
Dalam penyampaian Nota Keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2021 diproyeksikan Pendapatan Daerah untuk Tahun 2021 sebesar Rp. 3,2 Trilyun, dengan prakiraan pendapatan asli daerah sebesar Rp. 1,1 Trilyun sedangkan Belanja Daerah diperkirakan sebesar Rp. 3,4 Trilyun.
.
Kebijakan Belanja daerah tahun 2021 diupayakan dengan pola yang akuntabel, proporsional, efisien dan efektif. Kebijakan belanja daerah secara umum diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan dasar Satuan Kerja Perangkat Daerah agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, pemantapan tata kelola birokrasi dan akuntabilitas pengelolaan belanja, meningkatkan alokasi anggaran pada bidang-bidang prioritas yang langsung menyentuh kepentingan publik, mengakomodasi usulan bottom up dan aspirasi masyarakat, mengalokasikan tambahan penghasilan pegawai dan mengefektifkan belanja pegawai, alokasi dana hibah dan bantuan sosial kepada organisasi, kelompok masyarakat, keluarga dan individu yang memenuhi persyaratan yang berlaku, alokasi dana desa, pembangunan infrastruktur desa dan tunjangan aparat desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan, untuk kegiatan fisik konstruksi yang tidak dapat diselesaikan dalam satu tahun anggaran akan dilaksanakan secara multiyears sesuai dengan peraturan yang berlaku, penanganan kesehatan dan pemulihan dampak ekonomi sosial dampak pandemi covid 19.
.
Untuk selanjutnya setelah penyampaian Nota Keuangan oleh Bupati Gresik melalui Rapat Paripurna akan dilanjutkan pembahasan melalui Alat Kelengkapan DPRD baik melalui Badan Anggaran maupun Komisi-komisi bersama mitra kerja terkait.

tag: Berita Umum

avatar

Super Admin DPRD Author

0 KOMENTAR

  • Belum ada komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Email anda tidak akan dipublikasikan.