Reses media Penyerapan Aspirasi dari Masyarakat

Berita Umum

23, Dec 2020

0

Masa reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing.
.
Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan.
.
Dalam kegiatan Reses III ini yang dilaksanakan oleh salah satu anggota DPRD Kab. Gresik M. Syahrul Munir yang bertempat di GOR Desa Betoyo Guci dengan mengambil permasalahan pertanian dan perikanan.
.
Banyak hal yang disampaikan oleh masyarakat terkait dengan pertanian dan perikanan yaitu : infrastruktur, jalan produksi perikanan yang perlu pembenahan di sepanjang Bedanten Bungah – Randuboto Sidayu, pendampingan, kekurangan pupuk subsidi, pendangkalan sepanjang jaringan irigasi seperti di wilayah Tanggulrejo, Sumberejo, Betoyo Kauman, Betoyo Guci, dan Gumeno - Manyar, Desa Bedanten, dan Sungon Legowo- Bungah, serta Desa Gumeng – Bungah yang berakibat petani tambak kesulitan mendapatkan air pengganti saat kemarau terutama untuk udang vaname, begitu juga nelayan yang perahunya tidak bisa layar karena pendangkalan sungai tersebut.
.
Untuk itu, perlu normalisasi secara menyeluruh dan ini akan dimasukkan dalam kegiatan pada 2021 untuk dilaksanakan pada 2022.
Terkait dengan pintu air di Tanggok Manyar yang rusak akan segera dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait karena menjadi wewenang provinsi.
.
Untuk ketersediaan pupuk bersubsidi memang prioritas utama adalah untuk daerah lumbung pangan, sehingga alokasi untuk Gresik hanya sekitar 64% saja dari kebutuhan, sementara penggunaan pupuk non subsidi petani mengeluhkan tingginya harga produk pupuk non subsidi produk PT. Petrokimia Gresik, sementara untuk produsen lain petani masih ragu untuk menggunakannya.
.
Permasalahan lain adalah ketersediaan bbm jenis solar yang sulit didapat petani tambak karena adanya pembatasan pembelian.
.
Pada akhir kesempatan M. Syahrul Munir menyampaikan “Diharapkan ada kebijakan dari kepala daerah (political will) terhadap wilayah utara Kabupaten Gresik agar bisa menjadi lumbung perikanan. Dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat ikut menyalurkan penjualan pupuk bersubsidi.”

tag: Berita Umum

avatar

Super Admin DPRD Author

0 KOMENTAR

  • Belum ada komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Email anda tidak akan dipublikasikan.