BUDAYA DAN TRADISI

Wisata alam dan wisata religi yang terkenal di wilayah Kabupaten Gresik. Adapun wisata yang salalu dinantikan keberadaanya yang ada sudah cukup lama hingga sekrang masih terus dipertahan dan berlangsung turun menurun. Tradisi Rebo Wekasan, Haul Bungah, Nyadran di desa Abar-abir, Malem Selawe yang ada di malam ke 25 di bualan Ramadhan, Pasar Bandeng.
Durung suatu pondokan rumah dari kayu berbentuk panggung berukuran kecil yang biasa di bangun di depan rumah yang atapnya biasa di gunakan untuk menyimpan beras atau hasil pertanian lainnya. dan di bawah di fungsikan sebagai tempat berkumpul,berdiskusi atau bercengkrama melepas kepenatan.

Damar Kurung merupakan tradisi warga Gresik untuk menyambut Lailatul Qodar pada bulan ramadhan dalam kalender Hijriyah, yang menggantungkan lentera Damar Kurung di depan rumah. Menurut Penelitian Jaseters, dari segi Bahasa Damar berarti lampu yang mengeluarkan cahaya dari api kecil. sedangkan Kurung diartikan seperti tempat hewan tinggal yang lebih menuju ke kandang atau sangkar burung buatan manusia dengan peletakan dengan cara di gantung. Arti keseluruhan Damar Kurung adalah Sebuah Lentera dengan bentuk kurung-an dengan cara di gantung.

Pencak macan adalah sebuah kesenian khas Gresik yang di klaim berasal dari desa Lumpur dan diciptakan oleh Kiai Sindujoyo yang sekarang ini namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di desa lumpur.
Tradisi sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau Jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat Jawa yang berpotensi sebagai petani, nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak saudara atau sanak keluarga mereka dari mengais rizki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.