Potensi Gresik

Kabupaten Gresik yang sebgaian besar wilayahnya berada di wilayah pesisir pantai yang berbatasan dengan Surabaya dan Lamongan memiliki dataran yang 12 meter diatas permukaan laut. Pada jaman dulu Gresik merupakan tempat persinggahan para pedagang arab sisa-sisa kerajaan Mojopahit dan penyebaran lintas agama Isalm-Hindu- Budha yang masih kental terasa. Membuat Kabupaten Gresik memiliki beberapa peningalan potensi religi dan wisata alam yang tidak kalah menarik denga wisata yang dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.
Wisata Religi yang dapat ditemukan di Kabupaten Gresik yakni, Makam Sunan Giri, Makam Sunan Prapen Petilasan Giri Kedaton dan Makam Raden Supeno, Makam Maulana Malik Ibrahim, Makam Nyai Ageng Pinatih, Makam Raden Santri, Siti Fatimah binti Maimun, Makam Kanjeng Sepuh, Makam Kanjeng Pusponegoro.
Adapun beberapa makam atau tempat wisata religi yang berada di Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak yang keduanya berada di Pulau Bawean yang dapat ditempuh dengan mengunakan Pesawat maupun Kapal. Wisata religi yang terdapat di pulau Bawean antara lain yakni Persarean Maulana Umar Mas’ud, Purbonegoro, Cokrokusumo, Jherat Lanjeng, Jujuk Tampo, Jujuk Campa, Waliyah Zainab.
Gresik memiliki cuaca yang dapat dibilang jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan. Kawasan Wisata Bukit Surowiti, Goa Gelang Agung, Giri Wana Tirta, Pantai Delegan, Pantai karang Kireng, Goa Langseh, Goa Gelang Agung, Gunung kapur Sekapuk Gresik, Bukit Jamur, Danau Ngipik, dan Danau Biru.
Kondisi alam yang rindang hutan hujan tropis yang masih terjaga dan pantai pesisir yang masih sedikit terjamah oleh polusi daerah pemukiman padat industri. Pulau Bawean yang masih termasuk bagian dari Kabupaten Gresik ini memiliki ragam wisata alam yang tak kalah mempesona. Wisata yang dapat dijumpai di pulau Bawean yakni Pulau Gili, Pulau Noko, Pulau Noko Selayar, Pantai Sukaoneng, Tanjung Gaang, Penangkara rusa, Pemandian air Panas, Air Terjun Murtalaya, Air Terjun Putri, dan Air Terjun Lanccar.
Adapun wisata buatan yang sengaja dikembangkan untuk menambah macam bentuk pesona wisata di Kabupaten Gresik. Wahana wisata air dengan nama Bendung Grak Sembayat, Sendang Pancuran Gosari-Ujungpangkah, Banyu Urip Mangrove Center, Dynasty Water World, Bukit Awan Waterpark. Semua wahana rekreasi yang sudah ada saat ini tidak menutup kemungkinan masih dapat berkembang lagi dan makin banyak lagi wisata potensi baik alam dan buatan yang bisa dikembangakan.