Tuntutan GERAK (Gerakan Air Untuk Rakyat) untuk Perbaikan Layanan Perumda Giri Tirta

Berita Umum

19, Oct 2021

0

DPRD Gresik menerima audiensi GERAK (Gerakan Air Untuk Rakyat), Senin (18/10) di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Kabupaten Gresik. Giat ini dipimpin oleh H. Much. Abdul Qodir, S.Pd Ketua DPRD Kabupaten Gresik dan dihadiri juga oleh H. Syaikhu Busiri, S.Kom, SH Wakil Ketua Komisi I dan Anggota Komisi II H. Faqih Usman SE, M.Si.
Massa aksi memberikan masukan dan tuntutan untuk layanan PDAM Perumda PT Giri Tirta. Setidaknya ada 7 poin tuntutan yang dibukukan dalam sebuah buletin berjudul "Rapor Merah PDAM". Tuntutan tersebut diantaranya tolak dan batalkan Perda Penyertaan Modal untuk Perumda PT Giri Tirta karena melukai rakyat, usut tuntas indikasi penyalahgunaan penyertaan modal 25 Miliar dari APBD 2019, serta lakukan audit independen di tubuh Perumda PT. Giri Tirta, bukan hanya audit dari Inspektorat, turunkan tarif dasar air dan berikan subsidi air untuk rakyat.
Massa memohon agar pemerintah daerah segera menindaklanjuti aksi protes tersebut dengan serius. Mereka meminta agar permohonan reshuffle direksi Perumda PT Giri Tirta segera dilaksanakan dan diadakan perbaikan sistem informasi serta media pengaduan masyarakat yang mudah diakses dan transparan. Adapun alasan mereka meminta hal tersebut karena merasa PDAM sudah tidak lagi bekerja sesuai dengan seharusnya. Dimana pelayanan terhadap rakyat harus didahulukan sebelum para pelaku industri.
Dewan sepakat dengan massa bahwa perbaikan serta perombakan manajemen ditubuh PDAM Perumda PT Giri Tirta harus segera dilaksanakan. Bahwa penyediaan media informasi dan pengaduan masyarakat harus lebih ditingkatkan.
"Saya sudah menuntut dan mempublikasikan melalui platform suara Gresik bahwa perombakan manajemen PDAM harus segera dilaksanakan sejak Januari 2021," ucap Syaikhu. Abdul Qodir juga menyatakan akan segera mengadakan pembicaraan dengan bupati terkait hal itu. "Kami beserta bupati sepakat akan segera membicarakan dan mengusahakan sebaik mungkin agar air bersih segera dapat dinikmati oleh semua aspek masyarakat yang ada di Kabupaten Gresik,” tutupnya.

tag: Berita Umum

avatar

Super Admin DPRD Author

0 KOMENTAR

  • Belum ada komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Email anda tidak akan dipublikasikan.